Kata Mutiara Islam Tentang Persaudaraan & Hidup Bertetangga

Kata Mutiara Islam - Islam adalah salah satu agama di dunia yang telah berdiri selama ribuan tahun lamanya dengan jumlah pengikut mencapai satu setengah miliar umat dengan Alquran sebagai kitab suci utama mereka. Pada tulisan kali ini akan menuliskan koleksi kata kata mutiara islam penyejuk hati secara bersambung yang dikutib dari Haditz, imam-imam besar, Kata Mutiara Sufi, nabi-nabi besar, dan banyak lagi. Berikut adalah koleksi kata mutiara Islam yang bertopik tentang ucapan dan pergaulan. Situs Kata-Kata Mutiara akan membahas kata mutiara Islam lainnya dengan tema yang berbeda. Selamat mengikuti :-)

Kata  Mutiara Islam Tentang Persaudaraan

Kata Mutiara Islam

“Siapa yang menjenguk saudara seimannya karena Allah bukan karena selain-Nya, demi mengharap pahala-Nya dan segala yang telah dijanjikan kepadanya, maka Allah azzawa jalla akan memerintahkan tujuh puluh ribu malaikat untuk menjaganya dari sejak ia keluar dari rumah hingga ia kembali ke rumahnya seraya berkata kepadanya, “Engkau adalah orang baik dan surga adalah sesuai denganmu. Engkau telah membangun rumah di sana.” (Al Hadits)

“Hak saudaramu yang paling vital adalah jangan kau menutupi sesuatu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat” (Al Hadits)

“Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (Al Hadits)

“Seseorang mukmin dengan yang lain laksana rumah batu, yang satu menguatkan yang lain” (Al Hadits)

“Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain” (Al Hadits)

“Barang siapa yang merasa senang bila dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan usiannya, maka hendaklah dia menyambung hubungan kekeluargaan (silaturahmi) (Al Hadits)

“Perumpamaan orang – orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayang dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota – anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam” (Al Hadits)

“Bersatu adalah pangkal keberhasilan” (Al Hadits)

“Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan”

“Orang yang menggali lubang untuk saudaranya maka ia sendiri akan terperosok ke dalamnya” (Mutiara Islami)

“Terkadang rasa kesepian itu dibutuhkan untuk mengajari kita menghargai indahnya kebersamaan” (Mutiara Islami)

“Ketidaksempurnaan yang kita miliki adalah sulaman benang rapuh untuk mengikat sesama umat muslim menjadi satu yang kokoh” (Mutiara Islami)

Kata  Mutiara Islam Tentang Hidup Bertetangga

“Aku tak suka memakain baju baru, karena aku takut timbul iri hati tetangga – tetanggaku” (Abu Ayub as-Sakhtayani)

“Apabila kalian senang Allah ta’ala dan Rasul-Nya mencintai kalian, maka tunaikanlah amanah kalian, dan benarlah jika berbicara, dan bertetanggalah dengan baik kepada tetangga kalian” (Al Hadits)

“Tetangga terkadang dihukum karena dosa tetangganya sendiri. (makna: Kadang kita harus menanggung akibat dari perbuatan orang – orang dekat kita) (Mutiara Islami)

“Jibril senantiasa mewasiatkan kepadaku mengenai tetangga sampai aku mengira bahwa dia akan menjadikan tetangga sebagai ahli waris” (Al Hadits)

“Apabila engkau memasak kuah, perbanyaklah airnya dan perhatikan tetanggamu” (Mutiara Islami)

“Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangganya” (Mutiara Islami)

“Di antara kebahagiaan seorang muslim ialah mempunyai tetangga yang saleh, rumah yang luas, dan kendaraan yang meriangkan” (Mutiara Islami)

“Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu” (Al Hadits)

“Pilihlah tetangga (lihat calon tetangganya atau lingkungannya dulu) sebelum memilih rumah. Pilihlah kawan perjalanan sebelum memilih jalan dan siapkan bekal sebelum berangkat (berpergian)” (Mutiara Islami)

Kata  Mutiara Islam Tentang Etika Makan & Minum

“Sebelum kita mengeluhkan tentang rasa suatu hidangan, renungkanlah seseorang di luar sana yang tidak punya apa pun untuk dimakan” (Al Hadits)

“Hal – hal yang bisa menyebabkan badan lemah antara lain: Banyak makan makanan yang rasanya masam, sering bersedih, banyak minum air tapi tidak makan sesuatu, sering – sering melakukan hubungan seksual” (Imam Ghazali)

“Makanan dua orang itu cukup untuk tiga orang dan makanan tiga orang cukup untuk empat orang” (Mutiara Islami)

“Rasulullah SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukai maka beliau memakannya dan kalau tidak menyukai maka beliau tidak memakannya. (tanpa mencela) (Al Hadits)

“Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri” (Al Hadits)

“Apabila seseorang di antara kalian makan hendaknya ia makan dengan tangan kanan dan minum hendaknya ia minum dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya” (Al Hadits)

“Makanlah, minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah tanpa berlebihan dan sikap sombong” (Al Hadits)

Demikianlah koleksi Kata Mutiara Islam Tentang Persaudaraan, Hidup Bertetangga serta Etika Makan dan Minum dalam Islam. Semoga bermanfaat dalam kehidupan kita semua :-)

Kumpulan Kata-Kata Mutiara lainnya mengenai:

Kata  Mutiara Islam Tentang Hidup Bertetangga