Kata Mutiara Dan Kata Bijak Dalai Lama XIV

Kata Mutiara Dan Kata Bijak Dalai Lama XIV

Kata Bijak Dalai LamaDalai Lama XIV (lahir 1935) adalah seorang pemimpin rakyat di Tibet. Dalai Lama juga merupakan pemimpin spiritual dunia, seorang biksu juga aktivis perdamaian dunia, anti kekerasan yang meraih Nobel pada tahun 1989. Dalai Lama dikenal sebagai seorang pribadi yang hangat dan selalu tersenyum kepada siapa saja dengan ceramah – ceramahnya yang mencerahkan. Orang yang bernama asli Tenzin Gyatso ini diangkat menjadi pemimpin spiritual sejak usia 15 tahun berdasarkan wasiat reinkarnasi yang ditinggalkan oleh Dalai Lama XIII sebelum meninggal.

Disinilah salah satu keunikan negara Tibet yang pemimpinnya diangkat secara turun – temurun melalui wasiat reinkarnasi. Pada umumnya, saat seorang Dalai Lama sudah mendekati penghujung masa jabatan atau usianya, mereka akan meninggalkan catatan khusus kepada orang terdekat atau murid – muridnya dimana mereka dapat menemukan reinkarnasi Dalai Lama berikutnya. Ciri-ciri yang ditinggalkan dapat berupa: tanda fisik, lokasi kelahiran, tahun kelahiran, dsb. Dan umumnya, catatan yang ditinggalkan akan selalu tepat!

Kata Mutiara Dan Kata Bijak Dalai Lama XIV

Berikut adalah koleksi kata-kata mutiara dan kata bijak Dalai Lama XIV :-)

“Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang telah tercipta. Kebahagiaan datang dari tindakan anda”

“Inilah agama sederhanaku. Tak perlu ada kuil, tak perlu ada filosofi rumit. Pikiran dan hati kita adalah kuilnya, dan filosofinya adalah kebijaksanaan”

“Jadilah baik kapanpun itu memungkinkan. Karena hal itu selalu saja memungkinkan”

“Tujuan utama kita dalam hidup ini adalah menolong orang lain. Dan jika anda tak bisa menolong mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka”

“Teman-teman lama berlalu, teman-teman baru muncul. Seperti halnya hari yang kita lalui. Hari kemarin berlalu, hari baru datang menyambut. Hal terpenting adalah membuatnya berarti: persahabatan yang berarti – atau hari-hari yang berarti”

“Sangatlah penting untuk mengembangkan perilaku baik dan hati yang baik semampu kita. Melalui hal ini, kebahagiaan jangka pendek dan jangka panjang untuk diri sendiri dan orang lain akan datang”

“Semua tradisi agama pada dasarnya membawa pesan yang sama, yaitu cinta, kasih sayang dan pengampunan. Tetapi yang penting adalah mereka harus menjadi bagian dalam kehidupan sehari – hari”

“Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa mereka manusia tidak dapat bertahan hidup”

“Saya menemukan harapan di hari yang paling kelam, dan fokus di hari yang paling cerah. Aku tak menilai alam semesta”

“Agama kepercayaanku sangatlah sederhana. Agama saya adalah kebaikan”

“Jika anda ingin orang lain bahagia, praktekkan kasih sayang. Jika anda ingin bahagia, praktekkan kasih sayang”

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia”

“Terkadang seseorang menciptakan kesan dinamis dengan mengatakan sesuatu, dan terkadang seseorang menciptakan kesan yang signifikan dengan hanya tetap diam”

“Tidur adalah meditasi terbaik”

“Dalam praktek bertoleransi, musuh adalah guru terbaik”

“Adalah perlu untuk saling membantu sesama, tak hanya dalam doa kita, tetapi juga dalam kehidupan sehari – hari. Jika kita sadar tak bisa membantu orang lain. Yang paling bisa kita lakukan adalah berhenti merugikan mereka”

“Kita takkan pernah menperoleh kedamaian di dunia luar sampai kita menciptakan kedamaian di dalam diri kita sendiri”

“”Hari ini, lebih dari sebelumnya, hidup harus ditandai oleh rasa tanggung jawab secara Universal, tidak hanya bangsa kepada bangsa dan manusia kepada manusia, tetapi juga manusia kepada segala bentuk kehidupan lainnya”

“Kita dapat hidup tanpa agama dan meditasi, tetapi kita tidak bisa bertahan hidup tanpa kasih sayang manusia”

“Apakah seseorang percaya pada agama atau tidak, dan apakah seseorang percaya pada reinkarnasi atau tidak, tetapi tak ada seorang pu yang tidak menghargai nilai kebaikan dan kasih sayang”

“Jika anda mempunyai kepercayaan dan agama tertentu, hal tersebut baik! Tetapi anda dapat bertahan tanpa nya”

“Jika anda tidak puas, selalu ingin lebih, lebih dan lebih. Keinginan anda tak akan pernah bisa terpuaskan. Tetapi ketika anda melatih arti kepuasan, anda dapat berkata kepada diri sendiri: “Oh ya! Aku sudah memiliki segala sesuatu yang benar – benar aku butuhkan”

“Keinginan saya untuk menyerahkan wewenang tak ada hubungannya dengan keinginan untuk mengelak dari tanggung jawab”

“Sejumlah orang telah mengatakan kepada saya, setelah mendengar pemikiran anda, pikiran mereka menjadi jauh lebih bahagia”

“Dengan menyadari potensi diri seseorang juga rasa percaya diri akan kemampuan seseorang. Seseorang dapat membangun dunia yang lebih baik”

“Akar dari segala kebaikan dalam kebohongan terdapat dalam penghargaan untuk kebaikan”

“Kurangnya keterbukaan berakibat pada ketidakpercayaan dan rasa tak nyaman yang mendalam”

“Hal terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam dunia manusia adalah semua pihak duduk dan berbicara”

“Ketika anda melatih rasa syukur, ada rasa hormat terhadap orang lain”

“Komputer benar – benar membuat saya menjadi kosong”

“Bahkan ketika seseorang memiliki segala kenikmatan dalam hidup, makanan yang baik, tempat tinggal yang baik. Mereka tetap bisa menjadi tidak bahagia ketika menghadapi situasi yang tragis”

“Saya kira pemerintahan tidak dapat berbuat banyak”

“Secara umum, jika manusia tidak pernah menunjukkan kemarahan, maka saya pikir ada sesuatu yang salah. Ada yang salah di dalam kepalanya”

“Dunia milik umat manusia, bukan pemimpin, raja, pangeran ataupun agama. Dunia milik umat manusia”

 ”Untuk mewujudkan tindakan yang positif, kita harus mengembangkan visi yang positif”

“Lihatlah situasi dari semua sudut, dan anda akan menjadi lebih terbuka”

“Dari 6 miliar manusia, para pengacau hanya segelintir saja”

“Orang Cina sendiri, mereka benar – benar menginginkan perubahan”

“Hal terpenting adalah bahwa laki-laki harus mempunyai tujuan dalam hidupnya. Dan seharusnya menjadi sesuatu yang berguna, sesuatu yang baik”

“Ketidaksepakatan adalah sesuatu yang wajar”

“Rumah adalah dimana anda merasa berada di rumah dan diperlakukan dengan baik”

“Apakah anda menyebutnya Buddha atau agama lain, kedisiplinan diri sangatlah penting”

“Iman membantu saya mengatasi emosi negatif dan menemukan keseimbangan”

“Penampilan adalah sesuatu yang mutlak, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Segala sesuatu adalah saling bergantung dan tidak mutlak”

“Saya selalu yakin aturan oleh raja dan pemimpin sudahlah tertinggal. Saat ini kita harus mengejar ketinggalan tersebut dengan dunia modern”

“Orang-orang yang ‘nakal’ selalu ada. Dalam beberapa ribu tahun terakhir, selalu ada. Begitupun pada masa yang akan datang, juga ada”

“Pemerintahan China menginginkan saya mengatakan bahwa selama berabad – abad lamanya Tibet telah menjadi bagian dari China. Bahkan jika saya membuat pernyataan itu, banyak orang hanya akan tertawa. Dan pernyataan saya tidak akan mengubah sejarah. Karena sejarah adalah sejarah”

“Saya menganggap diri saya sebagai juru bicara gratis untuk rakyat”

“Jika beberapa orang meyakini atau pandangan bahwa Dalai Lama memiliki kekuatan yang ajaib, itu benar-benar omong kosong”

“Ke mana pun saya pergi bertemu masyarakat, menyebarkan pesan nilai-nilai kemanusiaan, menyebarkan pesan harmoni, adalah hal yang paling penting”

“Selama saya hidup, saya berkomitmen penuh untuk perdamaian Cina dan Tibet”

“Saya menjadi Dalai Lama bukan secara sukarela”

“Saya menggambarkan diriku sebagai seorang biksu yang sederhana, tidak kurang tidak lebih”

“Saya pikir selalu ada alasan di abad ke-21 ini, akan jauh lebih bahagia”

Demikianlah kumpulan kata mutiara dan kata bijak Dalai Lama. Semoga bermanfaat dalam kehidupan kita :-)

Koleksi Kata-Kata Mutiara lainnya mengenai: